Info Update Stok Darah di PMI Sumedang, Golongan Darah A dan B Hanya untuk Pasien Darurat. Humas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Sumedang, Deni Masdianto, di sela-sela kegiatan donor darah di halaman Kantor Kecamatan Jatinangor, Selasa (13/12/2022), mengatakan, stok darah berkurang karena banyaknya permintaan labu darah dan stagnasi jumlah pendonor.

Padahal, setiap awal bulan, permintaan labu darah golongan A dan B untuk kepentingan cuci darah sangatlah tinggi. Permintaan tinggi itu datang dari RSUD Sumedang. Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang, menipis. Stok yang paling banyak pun, yakni golongan 0 dan AB, hanya cukup untuk satu minggu ke depan.

Info Update Stok Darah di PMI Sumedang, Golongan Darah A dan B Hanya untuk Pasien Darurat

“Terutama stok A dan B sedang kurang, boleh dikatakan menipis,” kata Deni.

“Ada pula yang secara perorangan datang mencari darah golongan A dan B karena di rumah sakit tempat menjalani perawatan juga kosong,” katanya.

Namun, untuk mengantisipasi stok betul-betul habis, PMI Sumedang menerapkan skala prioritas.

Khusus yang membutuhkan darah golongan A dan B harus memohon darah sekaligus membawa pendonornya.

“Kami baru akan berikan kalau demikian, atau kalau betul-betul darurat dengan keterangan dari rumah sakit baru kami berikan meski tanpa membawa pendonor,” katanya.

Untuk antisipasi kekosongan darah, PMI Sumedang mengganteng instansi pemerintah seperti kecamatan dan puskesmas untuk mengadakan kegiatan donor darah.

Baca Yuk :  Update Stok Darah di PMI Sanggau Kalimantan Barat Hari Ini 30 Maret 2023 : Golongan O Kosong

“Tapi jika pun ingin mendonor boleh datang langsung ke kantor PMI Sumedang, kami buka mulai pukul 08.00 hinga 20.00,” katanya.

Deni mengatakan donor sudah harus menjadi gaya hidup, sebab selain karena donor itu sehat, aktivitas itu juga membantu orang lain yang perlu darah.

Info Update Stok Darah di PMI Sumedang, Golongan Darah A dan B Hanya untuk Pasien Darurat

Manfaat dari Donor Darah

Donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya yang ditranfusikan kepada orang lain. Sayangnya, banyak orang takut donor darah dengan beragam alasan. Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, manfaat donor darah bagi pendonor banyak banget lho.

Malahan setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui. Selain itu, tekanan darah jadi lebih stabil. Keuntungan juga bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah. Karena dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan.

Info Update Stok Darah di PMI Sumedang, Golongan Darah A dan B Hanya untuk Pasien Darurat

1. Mengurangi penyakit jantung

Salah satu manfaat donor darah bagi pendonor adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat. Dengan begitu, akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan Anda menderita penyakit jantung.

2. Membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan

Manfaat donor darah bagi pendonor yang teratur lainnya adalah membantu membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan. al ini karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya.

Baca Yuk :  Info PMI Bangka Miliki Mesin Aferesis Trombosit

3. Menurunkan resiko kanker

Selain membantu membakar kalori, manfaat donor darah bagi pendonor adalah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah.

4. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah.

Update Stok Darah di PMI Kudus, Golongan B Paling Banyak

Manfaat donor darah bagi pendonor yang teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

6. Membuat pikiran lebih stabil 

Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali.

7. Bagian dari periksa kesehatan

Manfaat donor darah bagi pendonor lainnya adalah dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak.

Baca Yuk :  Jadwal Donor Keliling dan Stok Darah PMI Kudus 15 September 2022

8. Menjadi lansia yang sehat

Menjadi lansia yang sehat merupakan manfaat donor darah bagi pendonor lainnya. Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut.

9. Menurunkan kolesterol

Manfaat donor darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah hasil penelitian membuktikan bahwa donor darah dapat mengurangi kekentalan darah sehingga dapat membantu dalam menurunkan kadar LDL.

10. Manfaat donor darah untuk mempercepat proses pemulihan luka

Ketika Anda mendonorkan darah, akan terjadi penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah. Penyesuaian tubuh ini juga dibutuhkan ketika tubuh Anda mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah, sehingga penyembukan luka jadi lebih cepat.

Info Update Stok Darah di PMI Sumedang, Golongan Darah A dan B Hanya untuk Pasien Darurat

Sumber : https://jabar.tribunnews.com/